Lima Transfer Januari Terburuk Manchester United

December 3, 2013 BeritaBerita Bolaberita sepak bola

Lima Transfer Januari Terburuk Manchester United

Lima Transfer Januari Terburuk Manchester United

Jendela transfer pada bulan Januari memang menyulitkan klub untuk belanja dengan efisien. Harga-harga pemain biasanya melonjak dan para manajer dianggap panik dalam belanja demi menyelamatkan nasib akhir musim tim mereka. Manchester United tidak selalu ‘kena sial’ dalam jendela transfer bulan Januari, contohnya saja mereka sukses membeli pemain-pemain bagus seperti Nemanja Vidic dan Patrice Evra. Keduanya bertahan di United dan rutin bermain menjaga pertahanan tim Setan Merah tersebut selama hamper tujuh tahun hingga sekarang. Keduanya tiba di Old Trafford pada tahun 2006 di bulan Januari. Contoh lainnya adalah striker berkebangsaan Swedia, Henrik Larsson yang menghabiskan tiga bulan di Old Trafford semasa peminjamannya setelah tanda tangan kontrak di bulan Januari tahun 2007, ia sukses membantu Manchester United meraih gelar pemenang Premier League musim itu.

Wilfried Zaha adalah pemain terakhir yang dibeli oleh Alex Ferguson di bulan Januari pada tahun 2012. Awalnya karirnya di United memang sedikit terseok-seok namun sekarang ia sukses dipanggil oleh Inggris. Namun, di balik cerita sukses jendela transfer United di bulan Januari, klub setan merah ini juga sudah mengalami banyak ‘bencana’ jendela transfer sejak transfer bulan januari pertama kali dibuka di Inggris pada musim 2002/2003. Berikut pemain transfer-transfer di bulan Januari terburuk yang pernah Manchester United alami:

Dong Fangzhuo

United membayar £500,000 kepada Dalian shide untuk striker berkebangsaan China, Dong Fangzhuo pada Januari 2004. Bayarannya bisa bertambah menjadi £3.5m jika Dong sukses di Old Trafford, namun sayangnya ia tidak sukses. Dia hanya bermain satu kali dalam Premier League dalam empat tahun sebelum kembali ke Dalian Shide di tahun 2008.

Manucho

Striker dari Angola ini tiba di Old Trafford pada tahun 2008 di bulan Januari setelah diadakan trial oleh mantan asisten Manchaster United, carlos Queiroz. Setelah dipinjamkan ke Panathinaikos di Yunani, Manucho kembali ke Old Trafford dan bermain satu kali untuk Manchester United dalam Premier League sebagai sub saat melawan Stoke. Namun, ia tidak pernah berhasil menembus first team, dan setelah dipinjamkan kembali ke Hull, ia pindah ke Real Valladolid di tahun 2009.

Zoran Tosic

Winger asal Serbia pindah ke Manchester United pada bulan Januari tahun 2009 dalam kontrak yang juga melibatkan Adam Ljajic. Tosic bermain dua kali dalam Premier League selama 18 bulan dia berada di Old Trafford.

Ritchie De Laet

Full-back berkebangsaan Belgia ini menandatangani kontrak tiga tahun bersama United dari Stoke pada bulan Januari tahun 2009. Ritchie hanya bermain tiga kali untuk United pada Premier League. Pada tahun 2012, dia meninggalkan United dan bergabung dengan Leicester dengan kontrak tiga tahun dengan tim Championship tersebut.

Frederic Veseli

Defender kelahiran Swiss ini menimbulkan transfer yang mengejutkan ketika ia pindah dari rival United, Manchester City pada bulan Januari tahun 2012. Veseli tidak pernah masuk first team selama di Manchester City dan nasibnya juga berulang di United.