Franco Baldini Harus Kejam

June 27, 2013 Berita Bola

Baldini-Franco

Franco Baldini Harus Kejam

Bursa Transfer Bola – Bukan kejam dalam arti sebenarnya, tentu akan aneh dan tragis kalau dia kejam dalam artian sesungguhnya. Baldini adalah wujud nyata dari strategi transfer Tottenham Hotspurs di musim panas. Bahkan sebelum mereka mendatangkan seorang pemain pun, dia adalah orang yang diprioritaskan oleh Andre Villas-Boas untuk menduduki posisi baru di klub, Direktur Sepakbola. Baldini bukanlah orang lama dalam dunia sepakbola Inggris karena pernah menjadi asisten pelatih Fabio Capello.

Baldini diberi tugas untuk mengontrol kebijakan transfer Tottenham Hotspurs, dengan posri khusus harus membawa pemain berkualitas agar Spurs bisa bersaing memperebutkan posisi di empat besar klasemen. Saat ini klub yang bermarkas di London Utara sedang getol mengincara nama Paulinho, pemain Brazil yang tadi pagi mencetak gol kemenangan ke gawang Uruguay. Selain Paulinho, Spurs dikabarkan mengincar Bernard, pemain yang juga mendapatkan sambuatan heboh dari penonton di pertandingan Brazil melawan Uruguay. Selain mencari pemain berkualitas untuk bermain bagi the lilly whites, Baldini juga perlu berlaku “kejam” dalam menyingkirkan pemain yang tidak memenuhi standar. Dalam standar kekejaman, Baldini perlu menjadi seorang Tito daripada Stalin. Kegiatannya dalam melepas pemain sudah dapat kita lihat dalam wujud keluarnya William Gallas dan David Bentley, berita bagus bagi fans Spurs.

Selain kedua pemain itu, ada beberapa nama yang harus bersiap mengemas kopernya. Scott Parker mungkin salah satu pemain paling berpengalaman dalam skuad, pemain yang baik di ruang ganti dan popular di kalangan media, tapi penampilannya musim lalu menunjukkan penurunan. Parker tak bisa menunjukkan kemampuannya untuk beradaptasi dalam skema permainan Villas-Boas, dia kurang disiplin. Musim lalu hanya cedera yang dialami Sandro pada pertengahan musim yang membuat pemain andalan Spurs di era Harry Redknap bermain regular. Scott Parker juga memiliki gaji yang besar, tak sepadan dengan penampilannya musim lalu, dengan makin matangnya permainan Tom Carroll yang beberapa kali tampil sebagai cameo musim lalu, pintu keluar bagi Parker telah terbuka. Jake Livermore dan Tom Huddlestone juga tak bisa menghindar jauh dari pintu keluar. Bukan hanya Parker yang ahrus takut akan ancaman pintu keluar, dua striker yang ada di skuad Tottenham Hotspurs, satu diantaranya harus dikeluarkan. Jermain Defoe kekurangan kualitas yang diperlukan Spurs untuk menggapai posisi keempat klasemen, dia terlalu inkonsisten. Sebagai seorang pemain yang memiliki kecepatan dan rekor gol yang bagus, Defoedapat menjadi opsi yang hebat sebagai pemain pengganti, tak lebih dari itu. Bila ada tawaran yang datang menghampirinya, kemungkinan besar Defoe akan dilepas.

Bila Defoe tak pergi, maka Emmanuel Adebayor yang harus pergi duluan. Meskipun dia tampil baik dalam beberapa pertandingan terakhir musim lalu, saat tampil berkelas ketika melawan Chelsea, tapi dia adalah seorang pemain yang tak bisa diandalkan selamanya. Musim ini dia mengalamai cedera, dikartu merah saat melawan Arsenal, simple, dia adalah pemain yang tak bisa dipercaya. Lihat juga kelakuannya di masa lalu, dia dapat menimbulkan kontroversi yang tak penting, apalagi dengan kenyataan Adebayor gagal mengkonversi tendangan penalti saat melawan Basel. Dia menjadi salah satu biang keladi kegagalan Spurs di Europa League. Satu musim yang buruk bagi Adebayor memang bisa dimaafkan, tapi kenyataan bahwa dia bermain buruk dalam lima tahun terakhir sungguh tak bisa dimaafkan. Bila ada klub yang percaya mereka bisa mengeluarkan kemampuan terbaik Adebayor, sebaiknya Spurs melepasnya.Selain pemain yang familiar dengan telinga kita, ada pemain lain yang bisa dilepas oleh Baldini. Heurelho Gomes yang pernah menjadi kiper harapan Brazil nampaknya harus dilepas, juga Bongani Khumalo,yang hanya tampil empat kali dalam masa peminjamannya di Reading. Dengan melepas dua nama ini, Spurs bisa menghemat alokasi gaji pemain dan digunakan untuk mengikat Gareth Bale dengan kontrak baru.